• Program Keahlian Multimedia

    Admin/admin 10 Agustus 2016


    PENGERTIAN MULTIMEDIA

    Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari Teks,Gambar,Grafis,Foto,Audio,&Animasi secara terintergrasi.Multimedia terbagi menjadi 2 katagori yaitu Multimedia Linier dan Multimedia Interaktif.

    Multimedia Linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan pengguna.Multimedia ini berjalan berurutan contohnya TV,dan Film.Mulimedia Interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna,sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki proses selanjutnya.contoh pelajaran interaktif adalah pembelajaran interaktif&aplikasi game.

    MANFAAT PEMBELAJARAN MULTIMEDIA

    Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran yang sangat menariklebih interaktif,jumlah waktu mengejar dapat dikurangi,kualitas kerja siswa dapat ditingkatkan dan sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.

    Manfaat diatas akan diperoleh mengiingat dari sebuah multimedia pembelajarn yaitu:

    1. Memperbesar benda yang kecil dan tidak tampak oleh mata seperti kuman,bakteri DLL.
    2. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan oleh sekolah seperti gajah,harimau.
    3. Meyajikan benda atau peristiwa yang kompleks,rumit dan berlangsung cepat atau lambat sepeti sistem tubuh.
    4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh seperti bulan,bintang,salju.
    5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya seperti letusan gunung berapi.
    6. Meningkatkan gaya tarik kepada siswa.

    RUANG LINGKUP PEKERJAAN JURUSAN MULTIMEDIA

    Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Multimedia adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Teknologi Infomatika pada jenjang SMK antara lain adalah:

    1. Pengembang Web (Web Development) terdiri dari Pembuat Web dan Pemelihara Web.
    2. Pengembang Multimedia (Multimedia Development) terdiri dari Pembuat Multimedia dan Pemelihara Multimedia
    3. Pengembang Permainan (Game Development) terdiri dari Pembuat permainan (games) dan Pembuat media simulasi ( simulator)
    4. Rumah Produksi Sinema/Film (Production House) terdiri dari Pembuat video klip dan Penyunting video
    5. Industri Media dan Periklanan (Media and Advertisement) terdiri dari Pembuat animasi dan Pembuat media informasi

    Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Program Keahlian Multimedia juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha di bidang Multimedia.

    Visi Kompetensi Keahlian Multimedia

    Visi Kompetensi Keahlian Multimedia adalah :MANTAP ( Beriman, Tangguh dan Profesional ) Artinya seluruh warga SMK Negeri 1 Tanjung Selor Khususnya Kompetensi Keahlian Multimedia yang meliputi : Siswa, Guru, Staf Tata Usaha, Komite Sekolah dan Stakeholder yang lainnya dituntut untuk mempunyaikeimanan yang kuat kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka mengembangkan kompetensi keahlian multimedia, tangguh dalam mengahadapi era globalisasi dan profesional dalam belajar dan bekerja.

    Misi Kompetensi Keahlian Multimedia

    a. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik di bidang multimedia yang meliputi software pengolah kata, editing gambar, editing audio, animasi dan editing video serta dibekali kemampuan hardware di bidang komputer.
    b. Menyelenggarakan diklat yang dikelola secara profesional di bidang kejuruan dan teknologi untuk menyiapkan tamatan yang kompeten dibidangnya dan memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi sehingga mampu bersaing diera globalisasi.
    c. Mencetak lulusan yang memiliki kompetensi profesional untuk memenuhi lapangan kerja baik di dalam maupun di luar negeri dan dapat hidup mandiri.

     

    Tujuan Kompetensi Keahlian Multimedia

    Tujuan Kompetensi Keahlian Multimedia secara umum mengacu pada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai tujuan PendidikanNasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
    Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Multimedia adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

    a) Pemrograman Dasar
    b) Sistem Komputer
    c) Simulasi Digital
    d) Perakitan Komputer
    e) Sistem Operasi
    f) Jaringan Dasar
    g) Pemrograman WEB
    h) Desain Multimedia
    i) Teknik Animasi 2 Dimensi
    j) Teknik Animasi 3 Dimensi
    k) Pengolahan Citra Digital
    l) Komposisi Foto Digital
    m) Teknik Pengambilan Gambar Bergerak
    n) Teknik Pengolahan Audio
    o) Teknik Pengolahan Video
    p) Desain Multimedia Interaktif
    q) Kerja Projek Multimedia